Jangan Bermimpi menjadi Qarun



Jangan Bermimpi menjadi Qarun

    قَالَ الَّذِينَ يُرِيدُونَ الْحَيَاةَ الدُّنيَا يَا لَيْتَ لَنَا مِثْلَ مَا أُوتِيَ قَارُونُ إِنَّهُ لَذُو حَظٍّ عَظِيمٍ. وَقَالَ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَيْلَكُمْ ثَوَابُ اللهِ خَيْرٌ لِّمَنْ آمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا وَلا يُلَقَّاهَا إِلاَّ الصَّابِرُونَ
    “Berkatalah orang-orang yang menghendaki kehidupan dunia, “Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Qarun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar”. Berkatalah orang-orang yang dianugerahi ilmu, “Kecelakaan yang besarlah bagimu, pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal shalih, dan tidak diperoleh pahala itu kecuali oleh orang-orang yang sabar.”
    (QS al-Qashash 79)
    Qarun, nama yang begitu disebut maka pikiran kita akan terbawa pada bayang-bayang timbunan harta. Sudah menjadi kamus umum, tatkala di tanah manapun benda berharga ditemukan, orangpun menyebutnya dengan harta Qarun (Karun). Karena begitu banyaknya timbunan harta yang dimiliki Qarun dahulu, sebelum akhirnya semua dibenamkan ke dalam bumi oleh Allah bersamaan dengan pemiliknya.

    Nilai Kekayaan Qarun

    Allah menggambarkan kekayaan Qarun dalam firmanNya,
    “Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat.” (QS al-Qashash 76)
    Ibnu Katsier menyebutkan, untuk mengangkut kunci gudangnya, dibutuhkan 60 bighal (peranakan antara kuda dan keledai), belum termasuk isi gudangnya. Sedangkan Ibnu Abbas menyebutkan bahwa yang mampu mengangkat adalah 40 orang yang kuat-kuat. Bahkan Abu Razin menyebutkan, bahwa satu kunci gudang saja, sudah bisa mencukupi penduduk Kufah. Maka terbayang seberap banyak tumpukan hartanya jika seluruh gudang dibuka dengan kunci-kuncinya. Wallahu a’lam.
    Tatkala suatu kali Qarun keluar di tengah kaumnya dengan berbagai kemegahan dan pundi-pundi hartanya, sontak orang-orang yang menggandrungi dunia berdecak kagum melihatnya. Mereka pun berandai sekiranya mereka juga mempunyai timbunan kekayaan seperti yang dimiliki Qarun. Mereka berkata,
    “Moga-moga kiranya kita mempunyai seperti apa yang telah diberikan kepada Qarun; sesungguhnya ia benar-benar mempunyai keberuntungan yang besar”. (QS al-Qashash)

    Harta adalah Ujian

    Tak hanya kalangan masyarakat di zaman Qarun, hingga hari ini, harta masih menjadi barometer kemuliaan dan kesuksesan. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
    إِنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ فِتْنَةً وَفِتْنَةُ أُمَّتِي الْمَالُ

    “Setiap umat menghadapi ujian (fitnah), dan ujian bagi umatku adalah harta.” (HR Tirmidzi, al-Albani mengatakan, “shahih” )
    Yakni harta menjadi ujian bagi yang memiliki, apakah menjadikannya syukur atau kufur. Harta juga menjadi ujian bagi yang belum memiliki, apakah ia bersabar ataukah tidak, mencari dengan jalan yang halal atukah haram. Termasuk ujian, bagaimana menyikapi orang lain yang bergelimang dengan harta.
    Maka, alangkah berharga pelajaran yang Allah kisahkan tentang Qarun bagi umat ini. Agar orang yang diberi limpahan harta tidak menjadi ‘Qarun’ baru. Dan bahwa Qarun bukanlah panutan ideal yang layak dijadikan acuan atau ukuran kesuksesan. Karena pada akhirnya, Allah menghinakan Qarun dengan akhir kehidupan yang sangat tragis. Allah berfirman,
    “Maka Kami benamkanlah Qarun beserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golonganpun yang menolongnya terhadap azab Allah. dan tiadalah ia termasuk orang-orang (yang dapat) membela (dirinya).” (QS al-Qashash 81)
    Maka terbukalah mata orang-orang yang menyaksikan tragedi itu. Mereka yang tadinya memimpikan posisi seperti Qarun, akhirnya tersadar  telah salah dalam menilai kesuksesan. Mereka berkata, “Aduhai. benarlah Allah melapangkan rezki bagi siapa yang Dia kehendaki dari hamba-hamba-Nya dan menyempitkannya; kalau Allah tidak melimpahkan karunia-Nya atas kita benar-benar Dia tentu telah membenamkan kita (pula). Aduhai benarlah, tidak beruntung orang-orang yang mengingkari (nikmat Allah).” (QS al-Qashash 82)
    Mereka sadar, seandainya Allah tidak mengasihi mereka, dan mereka tetap dengan obsesinya menyusul ’kesukesan’ Qarun, tentu mereka akan tenggelam bersama Qarun. Akan tetapi, adakah mata pikiran dan hati kita juga telah terbuka tatkala membaca kisah ini? Bahwa ternyata harta tidaklah menunjukkan keridhaan Allah kepada pemiliknya? Dan bahwa Allah memberikan dan menahan harta, menyempitkan dan meluaskan rezeki semata-mata sebagai ujian?

    Bukan karena Qarun Kaya

    Sisi cela yang dimiliki Qarun, yang menjadi sebab Allah menjadi murka dan menurunkan siksa, bukan karena Qarun itu kaya. Akan tetapi karena kufurnya Qarun terhadap nikmat Allah. Ia menganggap bahwa segala perbendaharaan yang ia miliki itu semata-mata karena ilmunya. Lalu menganggap bahwa limpahan harta itu menjadi tanda Allah meridhai segala perilakunya. Ia pun berlaku sombong, merasa harta itu mutlak menjadi haknya sehingga bebas menggunakan sesuai keinginannya, merasa lebih utama dari semua manusia dan tidak mau menerima nasihat yang baik dari para ulama yang memahami syariat.
    Padahal sebelumnya ia telah diberi peringatan dengan nasihat yang gamblang, Sebagaimana firman Allah,
    “Janganlah kamu terlalu bangga; sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri”. Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. “ (QS al-Qashash 76-77) Namun semua nasihat itu dimentahkan oleh kesombongannya.
    Maka bukanlah karakter Qarun yang layak kita jadikan panutan. Bahkan terhadap orang-orang yang memimpikan diri menjadi Qarun baru, atau ’kepincut’ dengan para Milyarder yang tak pandai bersyukur, layak kita ingatkan dengan firman-Nya, ”Pahala Allah adalah lebih baik bagi orang-orang yang beriman dan beramal shalih,” (QS al-Qashash 80)
    Wallahu a’lam. (Abu Umar Abdillah) [] 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

     
    Home | Gallery | Tutorials | Freebies | About Us | Contact Us

    Copyright © 2009 GHIYATSUDIN AL GHOFIQI |Designed by Templatemo |Converted to blogger by BloggerThemes.Net

    Usage Rights

    DesignBlog BloggerTheme comes under a Creative Commons License.This template is free of charge to create a personal blog.You can make changes to the templates to suit your needs.But You must keep the footer links Intact.